Mengapa Orang Kristen bisa percaya Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat dan mengapa ada yang murtad?

Hari PENTAKOSTA
Hari ke 50 setelah kebangkitan Kristus dari kematian
Apa pentingnya Roh Kudus dalam kehidupan orang yang percaya kepada berita injil? Menjawab pertanyaan ini sangat penting karena hanya dengan memahami arti kehadiran Roh Kudus dalam kehidupan seorang Kristen, saudara akan memahami tentang konsep iman Kristen. Acapkali iman kekristenan sangat kabur maknanya ketika kehadiran Roh Kudus diabaikan. Pertanyaan tentang ketuhanan dan kemanusian Yesus selalu menjadi perdebatan bagi mereka yang mengandalkan logika dan konsep berfikir selain iman kekristenan.  Berikut akan dijelaskan  mengapa Yesus menjanjikan Roh Kudus bagi murid-muridNya.

Sebelum terangkat ke sorga, 10 hari sebelum Pentakosta, Yesus menguatkan murid-muridNya dengan berkata "Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi." (Lukas 24 : 49).

Janji tentang Sang penolong dipenuhi dan terbukti telah:
1. Meyakinkan umatnya percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat. Dalam 1 Korintus 12:3 dikatakan bahwa "Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus."
Ayat ini menegaskan bahwa hanya dengan pekerjaan Roh Kudus di hati manusialah yang dapat meyakinkan seseorang mengakui ketuhanan Yesus. Tanpa Roh Kudus, seseorang sulit mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan. Saudara tidak bisa memaksa orang lain percaya Yesus Kristus jika orang tersebut tidak didiami oleh Roh Kudus.

2. Memberikan hikmat untuk memahami firman Tuhan yang diberitakan.
Ada orang yang mengaku Kristen tapi kesulitan memahami firman Tuhan. Ini  bisa disebabkan oleh kehidupan seorang Kristen yang tidak mengijinkan Roh Kudus bekerja dihatinya. Yesus Kristus telah menyampaikan bahwa "tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu." (Yohanes 14 : 26). Pemahaman yang benar akan isi Alkitab sebagai Firman Allah adalah berkat tuntunan Roh Kudus. Kebingungan atau kesalah pahaman akan makna ayat-ayat Alkitab merupakan pengabaian otoritas Allah dalam berbicara melalui Rohnya saat membaca firmanNya

3. Memampukan umatnya berdoa dalam segala situasi
Alat komunikasi seorang Kristen dengan Tuhan Allah adalah doa. Dengan doa, manusia dapat menyampaikan isi hatinya kepada sang pencipta. Bagaimana jika seseorang tidak tahu cara berdoa? Roh Kudus yang dianugerahkan Allah kepada orang percaya akan mengajarkan seperti tertulis dalam Roma 8 : 26 "Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan."

Jika anda kesulitan berdoa, atau tidak bisa fokus berdoa, ijinkanlah Roh Kudus bekerja di hati saudara. Kadang tanpa sadar ke-aku-an dan logika lebih saudara kedepankan daripada mengijinkan Roh Kudus bekerja.

4. Membantu orang percaya untuk menghasilkan buah buah Roh.
Memahami Firman Tuhan tanpa melakukannya merupakan iman yang mati. Bukti seseorang mengenal Allah yaitu dengan mewujud nyatakan Kasihnya bagi sesama (Matius 7:22). Tanpa perbuatan, seseorang tidak dapat dikatakan mengenal Dia yang benar sebab pohon dikenal melalui buahnya. Pohon yang baik menghasilkan buah yang baik (Matius 12:33). Buah-buah Roh adalah kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu (Galatia 5:22-23).

Manusia adalah makhluk yang lemah karena jiwa dan rohnya berada di tubuh yang fana. Jika mengandalkan kekuatannya sendiri, manusia cenderung mengalami kegagalan. Alkitab mencatat bahwa tidak satupun manusia yang sanggup memenuhi standar kesucian Allah. Hidup suci adalah suatu kemustahilan bagi seorang anak manusia yang hidup di tengah dunia yang telah rusak sejak kejatuhan Adam dan Hawa. Hanya melalui karya keselamatan dalam Kristus sajalah manusia telah dibenarkan. Roh Kudus telah diutus dan tinggal dihati setiap orang percaya untuk mengajarkan tentang iman yang benar dan membantu mereka yang percaya untuk taat pada perintah dan ajaranNya.

Sejak saudara percaya Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat, saudara telah didiami Roh Kudus namun Roh Kudus sering kali saudara tidak ijinkan bekerja karena sudara lebih mementingkan kedangingan.

Jika kadang saudara merasa terhilang, bahkan berdoapun anda tidak sanggup, berhentilah sejenak dan berikan ruang bagi Roh Kudus untuk membantu saudara.


Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Lahirnya dan arti kata “Kristen”

PRONOUNS OF POWER AND SOLIDARITY

Apa saranmu bagi anak baru masuk dunia kerja?