apakah orang Kristen diperbolehkan mengucapkan salam dgn menggunakan kata "asalamualaiku Wr.Wb.?



Beberaap minggu yang lalu kelompokku harus mempresentasikan tugas kami. Temanku membuka presentasi dengan mungucapkan salam “Asalammualaikum Wr. Wb”. professor pengampuh matakulia kami pada saat itu complain dengan bertanya “apa kamu orang Islam” temanku menjawab “ bukan Prof. “ beliau kemudian berkata “ kamu tidak perlu mengucapkan salam itu, dan bagi yang beragama Islam kalian tidak usah menjawab salam dari mereka”
          Aku mulai mencari tahu menagapa dozenku berkata seperti itu. Apakah mungkin beliau hanyalah seorang yang panatik Agama. Dari beberapa orang yang aku Tanya, sebagian besar mengatakan bahwasannya memang tidak perlu memjawab “salam sakral”  yang diucapkan oleh orang yang bukan Islam. Itu artinya bahwa salam “Assalammualaikum Wr.Wb” memiliki makna religious bagi mereka.
          Saudaraku yang Kristen sekiranya bisah memaklumi jika mengucapkan salam ini dan mereka hanya terdiam. Untuk menghindari hal tersebut, alangkah baiknya mengucapkan salam umum saja misalanya selamat pagi, selamat siang, selamat sore, selamat malam, apa kbar, atau hai saja.
          Adakah yang ingin menanggapi? share your opinion here!

Comments

  1. benar juga.. kita sering salah kaprah mengucapkan salam yang beratribut relijius di acara-acara yg non relijius.. maksud kita yg non muslim biasanya bertoleransi sehingga mengucapkan kata/ frase/ kalimat religius di hadapan teman-teman muslim, tetapi kadangkala itu akan terdengar janggal bagi mereka. memang sejatinya kita tidak perlu mengucapkan salam yg bukan atribut agama kita di kesempatan apapun.. kecuali jika itu difahami sebagai bahasa relijius yg umum seperti "God bless you".. yg meski disampaikan ke orang yg berbeda agama, tapi tidak mengurangi definisi kata "God" dalam agama masing-masing. setuju ga dek? lalu pertanyaan saya juga.. kira2 gimana menanggapi salam oleh SBY di acara natal nasional yg mengucapkan "salam sejahtera".

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam sejahtra itu salam umum jg,, kita orang kristen tidak mempermasalahkan, siapa saja mengucapkan slam itu

      Delete
  2. Andai aku ada dalam ruangan itu maka aku malah akan complain terhadap seorang prof. tersebut...
    menurutku dosen itu tidak layak jadi profesor

    kalau menurut pribadi saya salam assalamualaikum itu bukanlah bahasa aalkuran namun kalimat tersebut adalah bahasa arab yang notabenenya myoritas agama islam. namun aku yakin bahwa orng kristen di arab juga akan mungucapkan kata tersebut dalam kehidupannya dimasyarakat karna itu adalah bahasa arab....

    lagi menurutku bahwa profesor tersebut hanya memandang dari sisi religius tanpa memandang dari sisi sosiologisnya,,,makanya dia kuanggap bukanlah profesor

    Mungkin juga teman yang mengucapkan kata itu dalma kelas karna dia memandang dari sisi sosiologisnya,,,,,

    DISKUSI YANG MENARIK IMELDA,,,,,,,

    ReplyDelete
  3. ada opini yang sepertinya di pegang oleh sebagian orang yaitu "bahasa adalah identitas diri" bahasa berupa salam juga menunjukkan siapa kita,, tetapi memang katanya aturan agama mereka seperti itu, sebagian bilang katanya bisah sj mereka menjawab salam itu dari agama lain tapi tidak di jawab dengan lengkap. ada juga yang mengatakan bahwa orang kristen adalah kaum kafir yang tidak layak menyebut salam itu,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung sih dari sudut pandang berpikir kita,, Kalo dari sejarah maka bisa tahu bagaimana terbentuknya suatu agama. Agama bukan yg membuat kita masuk surga tapi apa yg di imani itulah yg membuat kita masuk surga. Kafir itu dari sudut pandang siapa?? dan apakah dengan kita berkata kafir pada seseorang lantas kita langsung masuk surga??

      Delete
    2. Sepakat dgn kata iman
      Iman itu yg menentukn
      Tpi btzan2 iman dlm setiap agama itu berbeda
      Kata KAFIR itu adlh yg sbnarx sgt tabu u d katakn kpd org lain,,,
      Aq illfill mlht org yg mengtkn org Kristen itu KAFIR
      Aq jd mkir kl si dia itu mmnk menyembh Tuhan yg berbeda dgn yg d Imani dlm Kristen

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sejarah Lahirnya dan arti kata “Kristen”

PRONOUNS OF POWER AND SOLIDARITY

Apa saranmu bagi anak baru masuk dunia kerja?