Mengapa ada Umat Kristen berpindah Agama?



Mengapa ada Umat Kristen yang berpindah agama? Menagapa banyak umat Kristen yang malas berdoa? Mengapa banyak umat Kristen sulit mengerti firman yang terulis didalam Alkitab? Mengapa banyak umat Kristen yang tidak mampu melakukan apa yang diprerintahkan? Mengapa banyak umat Kristen yang hanya pintar berdalih? Pertanyaan-pertanyaan ini muncul dibenak saya melihat keadaan dan kondisi yang akhir-akhir ini berkembang ditengah-tengah kehidupan umat Kristen sekarang. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi seakan-akan menggeser nilai-nilai kekristen.
Dalam menghadapi kenyataan yang terjadi, muncul sebuah pernyataan yang secara sekilas sangat kontras dengan kenyataan yang ada. Billy Graham, seorang  tokoh kebangunan rohani di Amerika abad 20, Mengatakan
“ I have never known a man who received Christ and ever regretted it”
Saya belum pernah mengenal orang yang menyesal telah menerima Kristus

Sangat kontras bukan dengan apa yang kita lihat di sekililing kita setiap hari. Setiap saat ada saja orang Kristen  yang telah berpindah agama, yang kecewa dan lebih memilih tidak percaya Tuhan, hidup bebas sebebas-bebasnya..
Sepertinya banyak orang yang menyebut diri Kristen tapi sebenarnya belum menerima Kristus. Saya memang tidak pernah mendapat dalam Alkitab dimana Yesus menyebut pengikutnya sebagai Kristen bahkan Dia tidak pernah mememerintahkan orang untuk menjadi Kristen atau menjadikan bangsa Kristen. Yesus menyebut pengikutNya sebagai Murid. 12 orang yang pertama dipilih sebagai pengikutNya Disebut sebagai murid. Matius 28:19 sebelum kenaikanNya Dia memberi perintah untuk menjadikan bangsa MuridNya. Belum ada istilah Kristen muncul sampai kenaikan. Dikemudian hari, ketika mulai banyak orang percaya dan menerima Yesus sebagai Kristus (Juru selamat), maka istilah Kristen barulah digunakan (Kisah Para Rasul 11:26).
Menerima Yesus sebagai Kristus (Juru selamat) harusnya menjadi dasar seseorang disebut sebagai Kristen. Jika seseorang belum memahami hal ini dengan benar, maka tidak akan mudah baginya untuk menjalani hidup kekristenan yang menjadi dokrin dalam gereja-gereja saat ini. Banyak anggota gereja saat ini yang hanya menjalankan dokrin gereja hanya sebagai rutinitas sebagai orang Kristen tanpa memahami esensinya. Terkadang merasakan bahwa ajaran-ajaran itu terlalu sulit untuk dipraktekkan di dalam kehidupan seharihari. Anggota-anggota gereja sepertinya berusaha menjadi manusia beragama, yang melakukan perbuatan baik untuk masuk surga, dan memandang bahwa semua agama mengajarkan hal yang sama. Lupa kalau sesungguhnya Yesus tidak datang untuk membawa agama tapi Yesus datang untuk menyatakan diri sebagai Kristus.
Orang yang  menerima Kristus akan mendapatkan hak istimewa yaitu mendapat sebutan sebagai anak-anak Allah yang dilengkapi kuasa untuk menang atas segala kuasa dosa sehingga tidak lagi hidup diperhamba oleh hawa nafsu dunia dan menang mengatasi segala pencobahan dunia (Yohanes 1:12, Roma 6:6,17) .
Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya. (Yohanes 1:12)
Manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambahkan diri lagi kepada dosa (Roma 6:6)
Sepertinya Kristen yang sekarang ini tidak lagi sama dengan Kristen mula-mula. Seiring dengan perkembangan jaman, banyak umat Kristen yang hanya menjadi pengikut Yesus saja tapi tidak menerima Yesus sebagai Juru Selamatnya. Maka tidak heran jika kita mendengar banyak orang Kristen yang dengan mudahnya mengabaikan, berpaling bahkan meninggalkan pengajaran sang guru agung kita Yesus. Terlalu sering kita jumpai, orang Kristen yang mencoba mepadu padankan ajaran Yesus dengan ajaran filsafat dan ajaran-ajaran lainnya, dan jika mereka mendapati ajaran Yesus tidak dapat dipadupadankan, maka pengajaran tersebut dianggap tidak perlu dan harus diabaikan bahkan disingkirkan.
Sudahkah anda menerima Kristus? Termasuk golongan Kristen manakah anda? Setelah membaca tulisan saya dan ingin berdiskusi lebih lagi, silakan E-mail saya ke imeldamallipa@gmail.com.
Semoga tulisan in memberkati pengunjung blog saya
Tuhan Yesus memberkati…..

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Lahirnya dan arti kata “Kristen”

PRONOUNS OF POWER AND SOLIDARITY

Apa saranmu bagi anak baru masuk dunia kerja?